10 Jenis Desain Interior Rumah Terpopuler Di Dunia!

Membeli rumah bukan lagi sekedar membeli sebuah bangunan permanen untuk berteduh dari panas dan hujan, tapi juga membeli kenyamanan dan nilai estetika. Kenyamanan dan nilai estetika ini bisa diwujudkan dengan cara memilih desain interior rumah yang sesuai dengan ukuran rumah.

Jika kamu memiliki dana lebih untuk menyewa jasa desainer interior, urusan menentukan desain interior rumah tentu menjadi lebih mudah. Tapi, bagaimana jika tidak ingin menggunakan jasa desainer interior? Tenang, kamu bisa menerapkan sendiri poin-poin utama dari desain interior rumah yang ingin digunakan.

Sebelum kamu beraksi untuk menerapkan sendiri desain interior rumah, ada baiknya untuk mengetahui 10 jenis desain interior rumah terpopuler di dunia berikut ini!

  1. Desain interior rumah skandinavia

Desain interior rumah skandinavia identik dengan kesan bersih dan alami. Lantainya biasa menggunakan keramik berwarna putih atau bermaterial kayu. Tidak ada banyak dekorasi dalam desain interior ini.

Penataan furnitur juga dilakukan dengan rapi sehingga tidak ada kesan berantakan, terutama saat melakukan dekorasi ruang keluarga. Daya tarik dari desain ini adalah tata cahaya dan kain-kain throw sebagai dekorasi di atas sofa.

  1. Desain interior rumah modern

Selain minimalis, desain interior rumah modern juga kerap dipilih oleh masyarakat modern. Elemen-elemen yang digunakan pada desain rumah modern pun bisa dibilang mirip dengan desain interior rumah minimalis. Hanya saja desain interior rumah modern ini identik dengan furnitur yang menggunakan material besi dan kaca untuk menciptakan nuansa yang mengkilap dan modern.

  1. Desain interior rumah tradisional

Desain interior rumah tradisional ini merupakan gaya khas Eropa yang identik dengan elemen kayu. Kamu bisa menerapkan elemen kayu pada semua bagian rumah mulai dari material lantai kayu, tempat duduk, meja, lemari, hingga dekorasi. Penggunaan elemen kayu berwarna cokelat ini akan menciptakan suasana alami dan hangat yang akan melengkapi kebersamaan para penghuni rumah.

  1. Desain interior rumah vintage

Desain interior rumah vintage seringkali dikaitkan dengan perempuan karena tampilannya yang cantik dan manis. Desain interior rumah vintageini didominasi dengan warna lembut seperti putih, hijau muda, abu-abu muda, pink pastel, dan kuning muda. Untuk motifnya, desain interior ini didominasi oleh bunga-bunga berukuran kecil yang diterapkan pada sarung bantal atau bahan pelapis sofa.

Sedangkan furnitur yang biasa dipakai saat menata ruang tamu vintage, misalnya, biasa menggunakan material kayu yang catnya sedikit terkelupas sehingga meninggalkan kesan zaman dulu.

  1. Desain interior rumahshabby chic

Desain interior rumah shabby chic dipengaruhi oleh gaya vintage yang sangat feminim dan lembut. Interior shabby chic ini didominasi oleh warna putih, krem, dan warna pastel lainnya. Kata shabby sendiri memiliki arti lusuh, sehingga tidak heran kalau kamu akan menemukan banyak furnitur bergaya lusuh pada interior ini.

Furnitur lusuh ini biasanya berupa meja atau lemari kayu yang catnya sudah mulai mengelupas atau penggunaan kembali barang bekas yang sudah berusia tua sebagai furnitur. Barang bekas yang bisa digunakan kembali misalnya peti kemas kayu sebagai meja atau kaleng sebagai  pot tanaman.

  1. Desain interior rumah bohemian

Desain interior rumah bohemian ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa bebas dan ekspresif. Gaya bohemian memiliki ciri khas penggunaan karpet dan kain-kain yang meramaikan penampilan ruangan.

Untuk menerapkan desain interior ini, kamu bisa memadukan berbagai motif dan warna sekaligus dalam satu ruangan. Misalnya, menggunakan Mandala tapestry sebagai dekorasi. Sarung bantal berwarna merah dengan karpet berwarna hijau? Tidak masalah. Menggunakan 2 jenis sofa sekaligus juga tidak masalah.

  1. Desain interior rumah kontemporer

Desain interior rumah kontemporer merupakan gaya desain yang mewakili masa kini. Desain ini terus mengalami perkembangan seiring bertambahnya waktu. Namun, pada dasarnya desain interior kontemporer didominasi dengan garis ramping dan kontras. Selain itu, teknik pencahayaan juga digunakan untuk fokus kepada aksen dinding.

Elemen-elemen yang sering digunakan adalah bahan sutra, beludru, linen, dan wol untuk sejumlah dekorasi seperti bantal atau bed cover, serta baja dan krom untuk dekorasi seperti lampu, hiasan dinding, atau meja.

  1. Desain interior rumah industrial

Desain interior rumah industrial mendapatkan inspirasi dari interior gudang industri. Desain interior industrial identik dengan lantai beton dan langit-langit baja. Di luar negeri, tidak jarang orang merenovasi bekas gudang untuk mendapatkan interior industrial yang kental.

Warna yang mendominasi interior industrial ini adalah hitam dan abu-abu. Furnitur yang digunakan biasanya bermaterial metal dan besi. Jika ingin menerapkan desain interior ini, pastikan kamu memiliki langit-langit rumah yang tinggi.

  1. Desain interior rumah minimalis

Desain interior rumah minimalis adalah desain interior paling populer di kalangan masyarakat modern yang memiliki hunian mungil dan menginginkan gaya sederhana. Desain interior rumah minimalis identik dengan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam.

Furnitur yang digunakan memiliki garis bersih dan bentuk yang sederhana seperti kotak dan bulat. Rumah dengan interior minimalis ini juga tidak memiliki banyak dekorasi di setiap sudutnya.

  1. Desain interior rumah transisi

Desain interior rumah transisi merupakan perpaduan dari gaya tradisional dan modern. Elemen-elemen yang digunakan adalah furnitur bermaterial kaca dan besi, serta warna-warna netral seperti putih dan cokelat. Desain interior ini akan menciptakan suasana yang hangat sekaligus nyaman bagi penghuninya.

Setelah tahu berbagai macam desain interior di atas, desain interior rumah apa nih yang akan kamu terapkan di rumah baru nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *