8 Berpakaian Tampil Stylish Tanpa Terkesan Lebay Ketika Ke Kampus

Pergi ke kampus bukan berarti identik dengan tampil belel dan klowor. Pakai batik kedodoran, sepatu yang terakhir dicuci tahun kemarin, celana jeans yang bolong-bolong, atau jaket organisasi yang terlalu lama ngendon di gantungan tanpa kesentuh detergen, adalah beberapa contoh yang enggak banget. Padahal cowok itu nggak perlu pakai trik macem-macem yang serba rempong kok. Cukup paling nggak memenuhi 3 syarat ini: bersih, rapi, wangi. Jika kamu sudah memenuhi ketiganya, niscaya mahasiswi-mahasiswi di kampus kamu bakal nengok dua kali kok.

Abgornal tentu saja ingin mengajak temen-temen khususnya yang cowok untuk tampil stylish tanpa terkesan lebay ketika ke kampus. Tenang saja, list yang kita bahas di sini masih dalam ranah basic dan ‘aman’ kok. Yuk simak beberapa tips ini.

  1. Kemeja kotak-kotak nggak pernah gagal membuatmu tampil edgydan terkesan terpelajar.

Kemeja kotak-kotak atau tartan shirt adalah items wajib yang harus ada di lemari kamu. Abgornal yakin sih, kalau kamu pastinya punya minimal satu kemeja kotak-kotak yang kerap jadi andalan kamu ngampus. Memang benar, model kemeja kotak-kotak nggak pernah gagal dipakai di jenis tubuh manapun, baik kurus maupun gemuk. Kamu bisa memadukannya dengan t-shirt casual di dalamnya. Wanita mana sih, yang nggak lemah dengan pria berkemeja kotak-kotak dengan kancing atas sedikit dibuka dan memperlihatkan t-shirt di dalamnya? Ohya, semakin combo jika bagian lengan digulung sesiku. Mau coba?

  1. Mau terkesan bersih dan sehat, kenapa tidak kamu kombinasikan saja kemeja putih polos dengan celana jeans biru?

Mahasiswa mana sih yang nggak punya simpenan kemeja putih? Pas ospek atau pas KKN pasti diwajibkan memakainya kan? Nah, saatnya keluarkan lagi simpanan kemeja kamu itu dan padukan dengan celana jeans warna biru. Hasilnya? Kesan rapi dan bersih bisa langsung kerasa. Kalau khawatir kemeja putihmu akan kotor, tinggal dipakaikan jaket kampus. Beres sudah.

  1. Tidak perlu memiliki banyak sabuk. Cukup miliki satu atau dua yang berkualitas bagus untuk menunjang penampilan kamu.

Kesempurnaan penampilan bisa kamu dapet dengan mengenakan sabuk yang oke. Miliki sabuk andalan bertema basic (nggak perlu sampai yang gambar tengkorak atau helo kiti kok) dengan warna dasar (hitam, cokelat, abu-abu) supaya outfit yang kamu pakai semakin terlihat bagus. Tahukah kamu, meskipun celana atau baju yang kamu pakai bukan dari barang merk terkenal, tetapi kalau sabuk dan sepatu yang kamu pakai sudah mewakili, niscaya tetap terlihat pop up lho.

  1. Sepatu yang bersih dan nyaman tentu lebih membuat kamu tambah percaya diri dan semangat belajar. Sneakersdan loaferbisa jadi referensimu lho.

Abgornal sangat setuju bahwa sepatu sneakers tiada duanya. Tetapi ada baiknya juga kamu investasi sepatu yang agak-agak resmi untuk keperluan khusus. Misal untuk magang, untuk pendadaran (semoga cepet kelar itu skripsinya), dan untuk kegiatan-kegiatan formal lain. Pada dasarnya punya dua pasang sepatu saja cukup kok, sepasang untuk kegiatan yang santai, sepasang lagi untuk acara semi formal. Percaya deh, sepatu-sepatu ini nantinya akan berguna juga ketika kamu mulai masuk ke dunia kerja.

  1. Abgornal percaya, demi alasan kekompakan, semua mahasiswa pasti punya jaket angkatan atau jaket kelas. Kenapa nggak gunakan itu untuk melengkapi penampilan sambil menenteng kebanggaan terhadap almamater?

Iya, jaketmu yang kamu bikin bareng temen-temen kamu itu bisa kamu pakai untuk style up you appearance. Tips dari Abgornal adalah: cobalah memesan jaket yang berukuran sedikit di bawahmu. Jadi misalnya kamu biasa memakai jaket ukuran L, cobalah untuk memesan ukuran M. Kenapa? Karena biasanya para produsen konveksi itu membuat jaket yang berukuran lebih besar dari ukuran sebenarnya. Coba kamu inget-inget lagi, lebih sering mana, mendapat baju kebesaran atau kekecilan? Nah kan. Tahukah kamu, memakai jaket yang slim fit jauh terlihat lebih oke dibanding jaket yang kedodoran.

  1. Di beberapa kesempatan, jangan lewatkan untuk kenakan batik pas badan andalanmu. Selain cinta budaya, kain batik juga nyaman dipakai di kita yang tinggal di iklim tropis.

Pakai batik itu agak tricky Guys. Kita pasti setuju kalau batik itu keren, budaya Indonesia yang harus dilestarikan, dan kebanggaan kita akan naik berlipat-lipat ketika mengenakan batik. Namun di sisi lain ada rules yang musti kamu perhatikan juga lho supaya nggak ‘kondangan’ banget. Di antaranya adalah pilih potongan batik yang pas badan, hindari motif yang terlalu rame, dan utamakan yang berlengan pendek. Sebab batik lengan panjang lebih cocok kamu pakai buat kondangan sambil bawa gandengan yang juga memakai batik bermotif sama. *mendadak galau*

  1. Musim hujan atau kuliah malam? Jangan ragu untuk kenakan sweatermu!

Karena sweater atau cardigan adalah koentji untuk kamu yang ingin tampil keren tanpa perlu banyak usaha. Kalau kampus kamu nggak mengijinkan pakai kaos oblong, tinggal diakalin dengan mengenakan kemeja berkerah di baliknya. Lalu biarkan kerah itu terlihat di luar sweater. Case closed.

  1. Tunjukkan ke  kolegamu bahwa kamu adalah orang yang tepat waktu dengan mengenakan jam tangan analog. Tirulah Mas Leo ini!

Cowok yang mengenakan jam tangan, apalagi yang analog, itu terlihat 10x lipat lebih keren lho Guys. Mereka terkesan sosok yang dinamis, tepat waktu dan bisa diajak bekerja sama. Abgornal sampai heran, kok ada saja ya, cowok yang enggan memakai jam tangan? Padahal kan para cewek suka klepek-klepek sendiri kalau lihat cowok yang sedang melihat jam tangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *