Makanan Khas Jogja yang Wajib Anda Coba Ketika Berwisata Di sana!

Sebagai salah satu destinasi wisata yang mendunia, yogyakarta mempunyai segudang potensi wisata yang menunggu untuk di ekspose. Salah satunya potensi wisata kuliner yang beragam. Bagi anda yang penasaran dengan ragam makanan khas jogja, berikut kami berikan ulasan lengkap kuliner jogja :

  1. Gudeg

Makanan khas yogyakarta yang terkenal ini tentunya sudah akrab di telinga anda. Hampir setiap pengunjung yang datang ke jogja pasti akan mendatangi rumah makan yang menjual gudeg. Sentra wisata kuliner gudeg di jogja yang paling terkenal berada di sekitaran dekat kampus UGM dan juga sekitar plengkung kraton dekat alun-alun kidul. Gudeg jogja ada tiga jenis, yaitu basah, manggar, dan kering. Bagi anda yang ingin membawa gudeg sebagai oleh oleh, disarankan untuk membeli gudeg kering saja agar tahan lama.

  1. Krecek

Makanan khas jogja selain gudeg adalah sambal krecek yang banyak disukai orang. Sambal krecek biasanya disajikan bersama dengan gudeg manis sehingga dapat menambah selera makan anda. Rasa sambal krecek sendiri dominan pedas dan gurih.

  1. Bakpia Pathuk

Bila anda berada di jogja, jangan bingung untuk membeli oleh oleh makanan khas jogja. Sebut saja bakpia pathuk, maka anda akan dibawa ke sekitar jalan mataram dekat malioboro yang merupakan sentra penjualan bakpia pathuk. Anda dapat memilih bakpia pathuk beraneka merk dan rasa di jalan ini. Tekstur kue yang berasal dari campuran kacang hijau dan gula yang dibalut dengan kulit tepung kemudian dipanggang ini sungguh sangat memanjakan lidah. Bakpia pathuk, krispi diluar namun lembut di dalam.

  1. Yangko

Ketika anda mampir ke jalan mataram sembari membeli bakpia atau ke toko oleh-oleh di wilayah jogja, jangan lupa dengan makanan khas jogja yangko ini. Yangko biasanya berbentuk persegi dengan warna-warna yang cerah sesuai dengan rasanya. Teksturnya lembut, kenyal, dan manis karena terdapat taburan tepung khusus sebagai ciri khas dari kue yangko.

  1. Oseng-oseng Mercon

Mahasiswa jogja pasti sering berburu makanan khas kota jogja ini, yaa namanya oseng-oseng mercon karena masakan ini terkenal sangat pedas. Bagi kalian yang tidak terlalu suka pedas, tetap bisa memesan oseng-oseng mercon kok tapi jangan lupa pesan tanpa cabai ya.

  1. Cilok Gajahan

Makanan ini cukup terkenal dan fenomenal. Bahkan sekarang sudah buka cabang dari yang tadinya hanya dijual memakai gerobak di sekitar alun-alun kidul, sekarang sudah membuka cabang di daerah jalan kaliurang. Meskipun jajanan ini berasal dari jawa barat, namun cilok gajahan mampu menjadi primadona jajanan masyarakat jogja lintas usia.

  1. Cenil

Jika anda mencari makanan ringan khas jogja, maka jawabannya adalah cenil. Meskipun di seantero pulau jawa cenil ini sudah terkenal dan bahkan di setiap daerah mempunyai kekhasan cenil masing-masing, namun tidak ada salahnya anda mencoba cenil khas jogja ini.

  1. Geplak

Makanan khas jogja geplak merupakan salah satu jenis kue tradisional yang masih dilestarikan sampai sekarang. Adonannya terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan tepung dan gula membuat geplak mempunyai rasa manis. Geplak berbentuk bulat-bulat kecil dan berwarna-warni sehingga membuat anda gemas ingin segera menyantapnya.

  1. Coklat Monggo

Coklat monggo merupakan oleh oleh jogja yang tergolong cukup baru. Anda bisa datang ke showroom sekaligus pabrik pembuatan coklat monggo di daerah Kotagede jika ingin membeli coklat monggo. Disini anda juga bisa melihat langsung cara pembuatan coklat monggo sembari mencicipi varian rasa coklat monggo yang beraneka ragam.

  1. Bakmi Jogja

Makanan khas daerah jogja yang juga patut anda coba adalah bakmi jogja. Bakmi jawa jogjakarta merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan racikan bumbu khas jawa. Jika anda memesan bakmi jawa jogjakarta, anda bisa juga memesan bakmi nyemek yaitu bakmi yang diberi kuah sedikit sehingga tekstur kuahnya menjadi kental dan nikmat. Salah satu penjual bakmi jawa jogjakarta yang legendaris adalah bakmi pak pele yang terletak di dekat alun-alun kidul.

  1. Gatot Gunungkidul

Makanan khas jogja selain bakpia dan gudeg yang berasal dari gunung kidul adalah gatot. Gatot terbuat dari gaplek atau sejenis singkong yang dikupas lalu dikeringkan dengan dijemur. Kualitas gatot ditentukan dari bahan dasar gapleknya yang istimewa pula.

  1. Walang/Belalang Goreng

Jika anda kebetulan sedang ingin berwisata ke daerah pantai di wonosari, yogyakarta jangan lupa mampir untuk membeli makanan khas jogja yang terkenal ini, yaitu walang atau belalang goreng. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa geli dengan makanan yang satu ini, namun siapa sangka bahwa makanan ini memiliki banyak sekali gizi dalam kandungnya.

  1. Nasi Tiwul

Sebagaimana gatot, nasi tiwul ini juga terkenal di kalangan wisatawan dan pengunjung kota jogja. Nasi tiwul ini berasal dari gunung kidul dan sempat menjadi makanan pokok masyarakat gunung kidul. Meskipun nasi tiwul sempat menjadi icon kemiskinan di daerah gunungkidul, namun sekarang makanan ini malah menjadi primadona oleh-oleh khas jogja yang melegenda.

  1. Sego Abang Jirak

Sego abang jirak ini berasal dari Gunung Kidul. Dan asal kalian tahu bahwa makanan ini cukup sehat dan bergizi tinggi. Seperti namanya, makanan ini terdiri dari nasi merah yang disajikan dengan sayur lombok ijo yang istimewa. Ditengah gempuran makanan fast food dan junk food yang berkembang di kota jogja, sego abang jirak masih tetap eksis menemani para pecinta kuliner.

  1. Sayur Lombok Ijo

Sayur lombok ijo adalah makanan khas kota jogja yang biasa dijadikan pendamping sego abang (nasi merah). Citarasa pedas dan gurih dari sayur ini ditambah dengan kuah santan kental serta racikan bumbu khas jawa membuat sayur lombok ijo ini banyak dicari oleh penikmat kuliner khas jogja. Tidak lupa jika anda memakan sayur lombok ijo, tambahkan tempe kedelai sebagai pelengkap. Dijamin, lidah anda akan terus bergoyang.

  1. Bakmi Pentil

Berbelanja di kawasan pusat kota jogja, sempatkan membeli makanan khas jogja di malioboro, yaitu bakmi pentil. Bahan dasar bakmi ini adalah pati ketela. Keunikan dari bakmi pentil ada pada bentuk mie yang panjang dan ukurannya agak besar dari mie biasa. Bakmi pentil memiliki dua warna khas yaitu kuning dan putih. Rasanya pun kenyal, itulah mengapa dinamakan bakmi pentil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *